The Role of Entrepreneurship in the Economy (Peran Enterprneur)

sumber: https://aseanyouth.net/entrepreneur-efficacy-how-these-young-entrepreneurs-created-opportunities/

 

Kewirausahaan memainkan peran penting dalam penciptaan dan pertumbuhan bisnis, serta dalam pertumbuhan dan kemakmuran daerah dan bangsa. Ropke (dalam Aviati, 2015:15) berpendapat bahwa kewirausahaan merupakan proses menciptakan sesuatu yang baru dan membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain (inovasi). Sementara ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Enterpreneurship merupakan manajer-pemilik perusahaan berukuran kecil atau menengah dengan potensi pertumbuhan (Casson, 2012). entrepreneurship is concerned with the discovery and exploitation of profitable opportunities (Shane & Venkataraman, 2000). Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa enterpreneurship merupakan usaha untuk menciptakan peluang baru dengan memanfaatkan situasi yang ada sehingga akan menghasilkan pertumbuhan perekonomian. Entrepreneurs act on what they believe is an opportunity ( Hitrich, et,al., 2017). Dalam melaksanakaan tujuannya dalam berwirausaha yakni menciptakan keuntungan, seorang wirausaha harus memiliki prinsip dan peran dalam perekonomian yang akan dijelaskan secara ringkat dibawah ini.

 

A.           Prinsip – Prinsip Entrepreneurship

Menurut Sunaryo, Dkk (2011) terdapat 12 prinsip enterpreneur yang disimpulkan dari beberapa literatur, diantaranya: 1)Jangan takut gagal; 2)Penuh semangat; 3)Harus optimis; 4)Ambisius; 5)Dapat membaca peluang; 6)Sabar; 7)Mandiri; 8)Peka terhadap pasar; 9)Kreatif dan inovatif; 10)Mengambil resiko dengan penuh pertimbangan; 11)Pantang menyerah; 12)Berstandar etika tinggi. Sementara Hitrich, et, al. (2017) mengungkakan bahwa empat hal yang harus dimiliki oleh enterpreneur yakni, (1)think structurally, (2)engage in bricolage, (3)effectuate, and (4)cognitively adapt.

McGrath & Ian (2000) dalam bukunya yang berjudul The Enterprenerial Mindset memiliki pandangan tersendiri terhadap prinsi-prinsip enterprenuership diantaranya, 1)the passionately seek new opportunities; 2)they purse opportunity with enormous dicipline; 3)they purse only the very best opportunities and avoid exhausting themselves and their organitazion by chasing after every option; 4)they focus on excecution specifically, 5)adaptive excecution they engage the energy of every one in their domain.

 

 

B.            Peran Entrepreneurship Dalam Perekonomian

Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada (Aviati, 2015:15). Keunggulan wirausaha dalam mendukung perekonomian negara yakni mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi dan jasa baru, serta menciptakan perubahan kompetensi (Suharyadi, dkk., 2007). Esterly (dalam Alvares & Barney, 2014) mengungkap tidak semua negara dapat merasakan pertumbuhan ekonomi seperti Cina dengan manufaktur, Korea Selatan dengan otomotif dan elektronik pribadi, Bangladesh dengan manufaktur garmen, dan Taiwan dengan komputer laptop, mereka tumbuh secara ekonomi sementara yang lain belum mengalami kemajuan. Hal itu bisa disebabkan oleh kurangnya minat berwirausaha.

Data kementerian dan usaha kecil dan menengah menjelaskan bahwa pada tahun 2012 jumlah wirausaha di Indonesia hanya sekitar 1,56% dari total penduduk (Aviati, 2015:25). Permasalahan yang terjadi dalam menumbuh kembangkan bisa terjadi karena kurangnya pembinaan UKM dan modal. Sehingga pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan minat berwirausaha melalui pendidikan maupun pelatihan. Menurut Aviati (2015) langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan wirausaha yaitu (1)pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, (2)regulasi yang memudahkan, (3)model penciptaan kewirausahaan. Dan terbuki dari data Kementerian Koperasi dan UKM RI, UMKM memiliki pangsa sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia pada tahun 2017 (Marlinah, 2020). Sebagai sektor yang berperan dalam membuka lapangan kerja bagi (96,87%) angkatan kerja di Indonesia, UMKM memiliki posisi penting dalam  keberlangsungan  perekonomian  Indonesia (Alfrian & Endang,2020). Namun, pandemic Covid 19 membuat UMKM banyak yang melakukan PHK bahkan gulung tikar, karena kurangnya persiapan menghadapi resesi. Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia  memperkirakan  omset  UMKM  di  sektor  non kuliner turun 30-35% sejak Covid-19 (Awali & Farida, 2020). Namun pemerintah terus berupaya untuk membantu UMKM dalam bentuk subsidi bunga, insentif pajak penundaan pembayaran pokok, dan pemberian tambahan kredit modal kerja. Peluang lain untuk UMKM adalah berupa Pencanangan gerakan 100.000 UMKM Go Online secara bersama sama di 30 kota atau kabupaten di Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia (Marlinah, 2020). Serta terus meningkatkan E-Marketing dalam bisnis.

DAFTAR PUSTAKA

Alfrian & Endang. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6, 6(2):139-146.

alleviation. Entrepreneurship Theory and Practice, 38(1), 159-184.

Alvarez, S. A. & Barney, J. B. (2014). Entrepreneurial opportunities and poverty

Aviati, Y. (2015). Kompetensi Kewirausahaan: Teori, Pengukuran dan Aplikasi. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Awali & Farida. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketingpada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1):1-14.

Casson, M. (2012). Enterpreneurship: Teori, Jejaring, Sejarah. Depok:PT Raja Grafindo Persada

Histrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship (10th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2):118-124.

McGrath and Ian. (2000). The Entrepreneurial Mindset: Strategies for Continuously Creating Opportunity in an age uncertainty. United States of America: Harvard Bussiness School Press

Shane, S., & Venkataraman, S. (2000). The promise of entrepreneurship as a field of research.Academy of Management Review, 25(1), 217-226.

Suharyadi, dkk. (2007). Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta:Penerbit Salemba.

Sunaryo, Sudaryono dan Asep. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta:Andi Offset.

 

Comments

Popular posts from this blog

SKENARIO DRAMA/ DENDAM KEN DEDES

KULINER MALAM CEKER SETAN MALANG

Keunggulan Pemasaran - Walt Disney Company pasar hiburan- mickey-donald-amerika serikat-company-marketing-hiburan keluarga