The Role of Entrepreneurship in the Economy (Peran Enterprneur)
sumber: https://aseanyouth.net/entrepreneur-efficacy-how-these-young-entrepreneurs-created-opportunities/
Kewirausahaan memainkan peran penting dalam penciptaan dan pertumbuhan
bisnis, serta dalam pertumbuhan dan kemakmuran daerah dan bangsa. Ropke (dalam
Aviati, 2015:15) berpendapat bahwa kewirausahaan merupakan proses menciptakan
sesuatu yang baru dan membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain (inovasi).
Sementara ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Enterpreneurship merupakan manajer-pemilik perusahaan berukuran
kecil atau menengah dengan potensi pertumbuhan (Casson, 2012).
entrepreneurship is concerned with the discovery and exploitation
of profitable opportunities (Shane
& Venkataraman, 2000). Dengan
begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa enterpreneurship
merupakan usaha untuk menciptakan peluang baru dengan memanfaatkan situasi yang
ada sehingga akan menghasilkan pertumbuhan perekonomian. Entrepreneurs act on what they believe is an opportunity ( Hitrich,
et,al., 2017). Dalam melaksanakaan
tujuannya dalam berwirausaha yakni menciptakan keuntungan, seorang wirausaha
harus memiliki prinsip dan peran dalam perekonomian yang akan dijelaskan secara
ringkat dibawah ini.
A.
Prinsip – Prinsip Entrepreneurship
Menurut Sunaryo, Dkk (2011) terdapat 12 prinsip enterpreneur yang disimpulkan dari
beberapa literatur, diantaranya: 1)Jangan takut gagal; 2)Penuh semangat; 3)Harus
optimis; 4)Ambisius; 5)Dapat membaca peluang; 6)Sabar; 7)Mandiri; 8)Peka
terhadap pasar; 9)Kreatif dan inovatif; 10)Mengambil resiko dengan penuh
pertimbangan; 11)Pantang menyerah; 12)Berstandar etika tinggi. Sementara
Hitrich, et, al. (2017) mengungkakan bahwa empat hal yang
harus dimiliki oleh enterpreneur
yakni, (1)think structurally, (2)engage in bricolage, (3)effectuate, and (4)cognitively adapt.
McGrath & Ian (2000) dalam bukunya yang berjudul The Enterprenerial Mindset memiliki
pandangan tersendiri terhadap prinsi-prinsip enterprenuership diantaranya, 1)the
passionately seek new opportunities; 2)they
purse opportunity with enormous dicipline; 3)they purse only the very best opportunities and avoid exhausting
themselves and their organitazion by chasing after every option; 4)they focus on excecution specifically,
5)adaptive excecution they engage the
energy of every one in their domain.
B.
Peran Entrepreneurship Dalam Perekonomian
Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang
ada (Aviati, 2015:15). Keunggulan wirausaha dalam mendukung perekonomian negara
yakni mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan produktivitas, menciptakan
teknologi dan jasa baru, serta menciptakan perubahan kompetensi (Suharyadi,
dkk., 2007). Esterly (dalam Alvares & Barney, 2014) mengungkap tidak semua negara dapat merasakan
pertumbuhan ekonomi seperti Cina dengan manufaktur, Korea Selatan dengan
otomotif dan elektronik pribadi, Bangladesh dengan manufaktur garmen, dan
Taiwan dengan komputer laptop, mereka tumbuh secara ekonomi sementara yang lain belum
mengalami kemajuan. Hal itu bisa disebabkan oleh kurangnya minat
berwirausaha.
Data
kementerian dan usaha kecil dan menengah menjelaskan bahwa pada tahun 2012
jumlah wirausaha di Indonesia hanya sekitar 1,56% dari total penduduk (Aviati,
2015:25). Permasalahan yang terjadi dalam menumbuh kembangkan bisa terjadi
karena kurangnya pembinaan UKM dan modal. Sehingga pemerintah terus berupaya
untuk meningkatkan minat berwirausaha melalui pendidikan maupun pelatihan.
Menurut Aviati (2015) langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan wirausaha yaitu
(1)pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, (2)regulasi yang memudahkan, (3)model
penciptaan kewirausahaan. Dan terbuki dari data Kementerian Koperasi dan UKM RI,
UMKM memiliki pangsa sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan
pelaku usaha di Indonesia pada tahun 2017 (Marlinah, 2020). Sebagai sektor yang
berperan dalam membuka lapangan kerja bagi (96,87%) angkatan kerja di
Indonesia, UMKM memiliki posisi penting dalam
keberlangsungan perekonomian Indonesia (Alfrian & Endang,2020). Namun,
pandemic Covid 19 membuat UMKM banyak yang melakukan PHK bahkan gulung tikar,
karena kurangnya persiapan menghadapi resesi. Ketua Umum Asosiasi UMKM
Indonesia memperkirakan omset
UMKM di sektor
non kuliner turun 30-35% sejak Covid-19 (Awali & Farida, 2020).
Namun pemerintah terus berupaya untuk membantu UMKM dalam bentuk subsidi bunga,
insentif pajak penundaan pembayaran pokok, dan pemberian tambahan kredit modal
kerja. Peluang lain untuk UMKM adalah berupa Pencanangan gerakan 100.000 UMKM
Go Online secara bersama sama di 30 kota atau kabupaten di Indonesia untuk
menjadikan Indonesia sebagai Digital
Energy of Asia (Marlinah, 2020). Serta terus meningkatkan E-Marketing dalam bisnis.
DAFTAR PUSTAKA
Alfrian
& Endang. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Bertahan
Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6,
6(2):139-146.
alleviation. Entrepreneurship Theory and Practice,
38(1), 159-184.
Alvarez,
S. A. & Barney, J. B. (2014). Entrepreneurial opportunities and poverty
Aviati,
Y. (2015). Kompetensi Kewirausahaan:
Teori, Pengukuran dan Aplikasi. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Awali
& Farida. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketingpada Keberlangsungan Umkm
Di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1):1-14.
Casson,
M. (2012). Enterpreneurship: Teori,
Jejaring, Sejarah. Depok:PT Raja Grafindo Persada
Histrich,
R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship (10th
ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Marlinah,
L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian
Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2):118-124.
McGrath and Ian. (2000). The Entrepreneurial Mindset:
Strategies for Continuously Creating Opportunity in an age uncertainty. United
States of America: Harvard Bussiness School Press
Shane,
S., & Venkataraman, S. (2000). The promise of entrepreneurship as a field
of research.Academy of Management Review,
25(1), 217-226.
Suharyadi,
dkk. (2007). Kewirausahaan: Membangun
Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta:Penerbit Salemba.
Sunaryo,
Sudaryono dan Asep. (2011). Kewirausahaan.
Yogyakarta:Andi Offset.
Comments